4 Jenis Mobil Listrik Di Indonesia Yang Harus Anda Tahu

Jenis mobil listrik di Indonesia memang menjadi perhatian akhir-akhir. Seperti yang Anda ketahui bahwa mobil listrik sekarang ini sudah masuk ke Indonesia. Memang belum sepenuhnya market mobil listrik yang masuk namun memang sudah ada sebagian yang sudah siap jual.

Maka dari itu sudah layak rasanya bagi Anda untuk mengenal beberapa jenis mobil listrik yang sudah masuk ke Indonesia ini. Sebagai informasi dan juga pertimbangan juga untuk Anda nantinya dalam membeli atau memilih unit mobil yang diimpikan.

Jenis Mobil Listrik Di Indonesia

Mobil listrik sendiri memiliki beberapa jenis yang harus Anda ketahui. Jadi bukan semata-mata hanya satu jenis saja namun ada beberapa variannya. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan kedepannya untuk membeli mobil listrik dengan jenis yang paling sesuai untuk Anda.

1. Hybrid Electric Vehicle

Jenis mobil listrik di Indonesia yang pertama ada Hybrid Electric Vehicle atau disingkat HEV. Jadi jenis mobil listrik yang satu ini sedikit unik karena menggabungkan antara mesin bertenaga listrik dengan mesin bertenanga bensin. Jadi perpaduan antara dua jenis kendaraan dalam satu masa.

Sama seperti namanya yang mana hybrid adalah perpaduan antara dua hal. Jenis mobil yang satu ini memiliki konsep dimana tenaga dari mesin listrik dan bensin bisa bekerja dalam waktu yang sama atau mesin bensin hanya sebagai pendukung dari tenaga listrik.

Memang unik untuk sistem.kerjanya karena keduanya bisa digunakan dan berbagi tenaga. Namun tetap saja tenaga listrik lebih dominan di sini dan adanya mesin bertenaga bensin hanya sebagai komponen pendukung. Sangat unik dan merupakan salah satu seri awal untuk mobil listrik sendiri.

2. Battery Electric Vehicle

Jenis mobil listrik di Indonesia yang selanjutnya ada Battery Electric Vehicle. Jika Anda mengenal mobil listrik memakai sistem baterai maka jenis ini lah yang Anda maksud. Memang banyak orang hanya mengetahui jenis mobil listrik BEV saja dan belum tahu ada jenis yang lain.

Sama seperti namanya jenis yang satu ini menggunakan sistem daya baterai. Jadi semua komponen mesin di mobil jenis ini akan didukung dengan adanya daya baterai. Sudah berbeda sepenuhnya dengan mobil konvensional yang memakai bahan bakar bensin.

Mobil listrik jenis ini dipastikan akan ramah lingkungan karena tidak akan mengeluarkan polusi. Sistem pengisian daya baterai mobil ini juga hanya tinggal di charger. Namun harus ada port dan USB khusus untuk hal ini dan biasanya sudah disediakan oleh pihak produsen mobilnya.

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle

Masuk ke daftar atau jenis mobil listrik selanjutnya ada Plug-in Hybrid Electric Vehicle. Dari nama memang hsama dengan HEV namun ada yang sedikit membedakan diantara keduanya. Sama-sama masih menggunakan sistem dua mesin yaitu mesin electrik atau baterai dan juga mesin bahan bakar bensin.

Berada dalam sistem atau fungsi yang sama dimana kedua mesin bisa bekerja sama untuk menghasilkan daya pada mobil. Namun yang sedikit membedakan disini adalah Plug-in Hybrid Electric Vehicle atau PHEV memiliki sistem charge daya untuk mesin elektriknya.

Jadi Anda bisa melakukan charging atau pengisian daya pada mesin. Nantinya Anda bisa mengatur sendiri konsumsi daya yang akan digunakan. Misal Anda ingin menggunakan daya mesin elektrik maka mesin bertenaga bensin tidak akan digunakan jadi Anda bisa lebih menghemat dengan adanya sistem yang seperti ini.

4. Feul Cell Electric Vehicle

Jenis mobil listrik di Indonesia yang terakhir ada Feul Cell Electric Vehicle atau FCEV. Jenis mobil listrik yang datu ini sangat unik. Masih sama menggunakan listrik sebagai daya utama mobil namun bukan dengan sistem baterai atau charging melainkan dari adanya reaksi dua bahan kimia.

Sangat unik untuk jenis mobil elektrik yang satu ini. Jadi di dalam komponennya terdapat dua jenis bahan kimia yaitu hidrogen dan juga oksigen yang nantinya akan bertemu dan menghasilkan reaksi elemental berupa energi listrik atau energi elektro.

Dari reaksi itulah mobil memiliki daya dan bisa digunakan. Meski sama menghasilkan reaksi listrik namun caranya yang berbeda dari jenis sebelumnya. Dan bisa dibilang jenis yang satu ini termasuk yang unik dan cukup langka.

Alasan Membeli Mobil Listrik Di Indonesia

Setelah Anda mengetahui beberapa jenis mobil listrik di Indonesia sendiri maka saatnya untuk mempertimbangkan alasan untuk memboyongnya. Tentu saja kehadiran dari mobil listrik sangat menarik untuk Anda dan bisa menjadi pilihan utama Anda dari sekarang.

1. Harga Standar

Banyak orang beranggapan bahwa harga dari mobil listrik mahal. Padahal tidak seperti itu karena banyak jenis mobil listrik yang memiliki harga standar. Bahkan ada yang range harganya berada di bawah mobil konvensional saat ini. Tentu menjadi sebuah informasi yang baru juga bagi sebagian orang.

Bisa dibilang Anda membeli mobil listrik sekarang bisa juga sebagai investasi. Harganya yang belum melunjak tinggi karena memang masih dalam tahap meraba-raba menjadikan kesempatan untuk Anda bisa memboyong mobil dengan harga yang jauh lebih murah.

2. Mengawali Inovasi

Alasan selanjutnya untuk membeli mobil listrik sekarang adalah untuk mengawali inovasi. Adanya mobil listrik sendiri sudah menjadi salah satu awal yang baru bagi dunia otomotif yang beralih dari mobil konvensiobal bahan bakal bensin menjadi mobil dengan daya listrik.

Suatu saat nanti industri mobil listrik akan semakin maju dan mulai sekarang Anda bisa memulai untuk inovasi. Membeli mobil listrik sekarang maka bisa menjadi investasi kedepannya dan bisa saja akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Jenis mobil listrik di Indonesia sendiri memang terbilang sudah beragam. Anda bisa memilih jenis mobil listrik sesuai apa yang Anda inginkan. Meski belum menyeluruh namun adanya mobil listrik ini menambah keunikan dan pilihan Anda sebagai calon kostumer mobil..

Tinggalkan komentar